...

Visit www.murdansianturi.NET

Wednesday, January 4, 2012

Membuat web berbasis iPad | 10 Hal yang perlu di perhatikan

Aturan - aturan yang harus diperhatikan jika ingin mulai membuat web berbasis iPad :


1. Resolusi
Resolusi layar pada iPad Adalah 768 x 1024 px, jadi ciptakanlah desain anda pada resolusi tersebut. Anda mungkin akan mendapati kalau resolusi tersebut bisa menyulitkan pada bagian tipografi anda. Sebab huruf yang tampil dilayar iPad san monitor PC anda tidak sama besarnya. Namun, Untuk menyiasatinya dengan menyimpan mock up dari desain web anda. Kemudian membukanya pada "iPad Photo Viewer" untuk menemukan layout dan tipografi yang pas.

2. Tanpa Cursor
Perbedaan yang mencolok antara kita browsing melalui komputer dan iPad adalah Pointer. Pada komputer, Anda bisa menggunakan cursor. Namun pada iPad, anda harus menggunakan jari anda. Artinya event cursor pada css anda, seperti mouseover dan hover, tidak mungkin di jalankan.

3. Tanpa Flash
Anda harus tahu bahwa saat ini iPad belum bisa sepenuhnya menampilkan obyek Flash Sepenuhnya. Sepeninggalnya Steve Jobs (RIP), Memang hubungan antara Adobe dan Apple semakin membaik. dan kemungkinan dimasa mendatang, Flash akan secara otomatis bisa ditampilkan pada iPad. Namun sambil menunggu saat itu terjadi, Lebih baik jangan dulu memasang objek flash di web anda. Jika anda bisa, anda dapat menggantinya dengan perpaduan teknik HTML5 san CSS3.

4. Gunakan Teknik HTML5 dan CSS3
Untuk membuat button menu dan elemen web sederhana lainnya anda bisa memadukan teknik gradient, font shadow, rounded box dan border dar CSS3. Sedangkan jika ingin membuat apps sederhana yang seolah - olah berjalan seperti objek flash, anda bisa menggunakan teknik HTML5. Tutor tentang Teknik - teknik ini bisa anda dapatkan dengan mudah di pencarian google.

5. Atur ukuran viewport
Viewport adalah area Persegi yang menentukan bagaimana konten akan ditampilkan dan bagaimana paragraf tulisan akan dibentuk pada halaman web anda. Viewport berbeda antara komputer dan iPad. Pada iPad (safari) tidak terdapat jendela browser, Scrool bar dan button resize. Sehingga anda harus mengatur dimensi viewportnya agar konten anda tidak tampil berantakan. Untuk mengatur dimensi dari viewport, anda cukup menambahkan kode meta markup berikut pada tags halaman web anda:



6. Kontrol Scroll anda dengan iScroll
7. Kustomisasi ikon "Add to Home Screen"
8. Kompabilitas
9. Resdirect user berdasarkan perangkat yang digunakan
10. CSS untuk setiap orientasi yang berbeda.

No comments: