...

Visit www.murdansianturi.NET

Friday, December 9, 2011

Mengatasi "Too many connections" di Joomla

Secara garis besar berdasarkan framework Joomla versi 1.0.X, setiap link atau halaman di dalam Joomla dibuka selalu membuat koneksi baru ke dalam database MySQL. Bisa anda cek langsung ke dalam file "index.php" yang terdapat di root folder dari Joomla. Kalau kita periksa secara seksama kita tidak menemukan command / perintah untuk menutup koneksi database MySQL, sehingga bisa anda bayangkan berapa banyak koneksi database MySQL yang dibuka oleh 1 orang user / pengunjung yang akses ke dalam Joomla.

Jika Anda seorang programmer php pasti tahu bahwa untuk setiap koneksi ke database MySQL menggunakan perintah :

mysql_connect

yang seharusnya diakhiri dengan perintah :

mysql_close

jika telah selesai melakukan operasi query database dalam bentuk seleksi, modifikasi maupun hapus (SELECT, UPDATE & DELETE). Akibatnya pada Joomla kemungkinan terjadi error "Mysql : Too many Connections" akan sangat besar. Coba saya tanyakan ke team Developer Joomla, jawabannya kurang memuaskan saya, yaitu :

Namun kelemahan di Joomla close koneksi ke database MySQL dilakukan dalam jangka waktu
tertentu.


Itu berarti jika ada lebih dari 100 orang user akses & browsing serentak ke dalam Joomla pasti database MySQL akan mengalami peningkatan koneksi yang sangat tinggi, yang jika tidak ditangani dengan baik kemungkinan error "MySQL : Too many connections" ini akan muncul.

Secara pribadi, saya tidak ingin hal ini terjadi pada Joomla site milik saya. Untuk itu saya melakukan sedikit modifikasi, agar error "MySQL : Too many Connections" itu bisa dicegah.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka / open file index.php yang terdapat di root folder dari Joomla site anda, gunakan text editor
2. Scroll ke bagian paling bawah dari isi file index.php, sampai anda menemukan perintah :

doGzip();

3. Setelah perintah tersebut, anda tambahkan perintah / syntax php berikut ini :

if (isset($database->_resource)) {
   @mysql_close($database->_resource);
}


tepat di bawahnya.

4. Save / simpan perubahan / modifikasi yang anda lakukan, lalu upload kembali file index.php ke root folder Joomla site anda.

Mudah-mudahan masalah "Too many connections" ini teratasi.

No comments: